Cerita Gaib | Ilmu Pelet | Cerita Hantu | Misteri Pesugihan | Mantra Pengasih | Mantra Pelet | Tempat Pesugihan

9 Cerita Pesugihan Di Tanah Jawa Yang Melegenda

Iklan Tautan

Artikel terkait : 9 Cerita Pesugihan Di Tanah Jawa Yang Melegenda

History Of My Life - Selain pesugihan kandang bubrah masih banyak cerita pesugihan di tanah jawa yang melegenda. Baik misteri tersebut berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Maupun Jawa Barat. Di bawah ini kami rangkum beberapa cerita misteri pesugihan yang sangat melegenda di Indonesia.

1 Nyi Roro Kidul

Siapa yang belum pernah mendengar kisah tentang nyi roro kidul? Selain dikenal sebagai penguasa pantai selatan sosok gaib ini juga kerap disebut-sebut dalam cerita pesugihan. Tak jelas darimana asal kisah itu yang pasti cerita nyi roro kidul dalam membantu manusia meraih kekayaan sudah sangat banyak diceritakan dan melegenda.

Mengenai tempat yang kerap dijadikan sebagai sarana pertemuan sosok penguasa pantai selatan tersebut sebagian besar di wilayah pesisir pantai seperti wilayah Jogja, Jawa Timur, maupun Jawa Barat. Meskipun tidak banyak orang yang dapat membuktikan kebenaran cerita misteri tersebut namun kisah legenda ini memang sudah akrab ditelinga masyarakat Jawa.

2 Nyi Blorong

Sebagian orang percaya jika Nyi Blorong merupakan saudara dari Nyi Roro Kidul, entah hal ini dikatakan karena adanya silsilah yang sama atau hanya karena keduanya berwujud hampir sama yakni wanita dengan paras cantik dan pakaian serba mewah.

Sebagian lagi berpendapat jika nyi blorong merupakan ratu siluman ular berkepala manusia yang kerap dikaitkan dengan cerita pesugihan nyi blorong. Adapun laku yang harus dilakukan seseorang dalam bersekutu dengan makhluk ini yakni harus memenuhi kebutuhan biologisnya. Setelah selesai konon pelaku mendapatkan sisik milik nyi blorong yang berwujud emas permata. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa para pelaku pesugihan nyi blorong merupakan para lelaki.

3 Tali Pocong

Waktu saya masih kecil dulu kerap didongengkan sama simbah, salah satu dongeng yang menakutkan yakni tentang cerita pesugihan tali pocong ini. konon pelaku pencari pesugihan tali pocong harus mencuri pocong mayat di dalam kubur tanpa menggunakan cangkul melainkan menggunakan batok kelapa.

Selain itu pencuri tali pocong juga diharuskan berjalan dengan kaki dan tangan seperti anjing yang sedang berjalan. Merayap antara pohon satu ke pohon lain serta melomat pagar makam untuk mendapatkan tali pocong mayat yang barusan dikebumikan merupakan kisah misteri yang menyeramkan bagi saya.

Entah pada waktu itu kakek saya bercerita mengenai kisah nyata ataukan sekedar sebagai dongen mewarnai malam-malam kami yang jelas tidak hanya kakek saya yang punya cerita tersebut.

4 Ngipri 

Ngipri itu banyak jenisnya bisa ngipri ular, ngipri monyet, ngipri celeng, maupun ngipri yang lain. Cerita pesugihan ngipri merupakan kisah misteri yang biasanya digambarkan dengan sepasang suami-istri  melakukan pemujaan. Salah satu diantaranya berubah wujud menjadi siluman hewan baik itu monyet, ular, celeng, babi, maupun yang lainnya sementara satu lagi bertugas membantu melancarkan proses ngipri yang dilakukan pasangannya.

Jika dalam film-film tugas pasangan digambarkan dengan menunggu lilin dan sesaji guna melancarkan aksi pasagannya.

5 Ludah pocong

Jenis pesugihan ludah pocong baru-baru ini dikenal masyarakat, biasanya cerita ini dikait-katikan dengan pesugihan para pedagang makanan baik itu soto, bakso, sate maupun yang lainnya.
Mengenai kebenarannya tentu saja tak ada satupun orang yang bisa memastikan nya. Jadi cerita pesugihan ini harus disikapi dengan sangat bijak terlebih pada era persaingan yang ketat saat ini bisa saja pesaing bisnis mengabarkan berita hoax untuk menjatuhkan pesaingnya.

7 Uang gaib

Emang uang gaib juga berbentuk rupiah? Nah ini yang jadi penasaran dan pertanyaan kita semua. konon pesugihan uang gaib merupakan pesugihan dengan cara meminjam uang dari alam gaib.
Anehnya di dunia maya sekalipun banyak para oknum yang menawarkan jasa untuk mendapatkan pesugihan uang gaib ini. Namun demikian tak sedikit para korban yang tertipu akan aksi kejahatan sekaligus penipuan ini.

Syarat aneh dan bermacam-macam biasanya diberikan oleh seseorang yang mengaku dapat membantu mewujudkan uang gaib. Selain uang gaib banyak pula cerita mengenai harga gaib ini seperti uang bali, bank gaib, dan lain sebagainya.

8 Tuyul

Kalau yang satu ini pasti semua pembaca pernah mendengarkan ceritanya. Tuyul digambarkan sebagai sosok gaib bertubuh pendek, kecil, kepala botak layaknya anak-anak. Konon ada tempat-tempat tertentu yang kerap menjadi tempat pencarian tuyul ini.

Tuyul diberi tugas oleh majikannya untuk mencuri uang dalam nominal tertentu bisa 20 ribu, 50 ribu, maupun 100 ribu. Dan anehnya lagi tuyul ini konon hanya mampu menghitung satu sampai sepuluh saja. Berita pernah ditangkapnya tuyul pencuri uang memang juga sering terdengar di Indonesia.

9 Buto ijo

Sosok tinggi besar dengan mata merah, bertaring, dan berkulit hijau seolah menggambarkan cerita legenda timun emas. Namun yang ini berbeda brow, kisah cerita pesugihan buto ijo konon digunakan sebagai penglaris usaha.

Bagaimana mereka para pelaku menjalani ritual dan syarat yang dibutuhkan mungkin hanya para pelakulah yang mengetahui dengan pasti.

Demikian sajian 9 cerita pesugihan di tanah jawa, semoga terhibur akan cerita di atas. Lha nomor 6 mana mas? Nomor 6 nya gak ada brow. Hehe.

Artikel Cerita Gaib Lainnya :

Copyright © 2015 Cerita Gaib | Design by Bamz